Sabtu, 07 Agustus 2010

Marhaban Ya Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan Bulan yang penuh barakah dan suci. Itulah kata-kata yang sering kita dengar dan kita lihat di berbagai media dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan. Ya...sebentar lagi, kurang dari 15 hari lagi, Insya Allah kita akan bertemu lagi dengan Ramadhan. Suatu bulan yang beda dari 11 bulan lainnya, karena satu bulan penuh akan di isi dengan ibadah puasa atau shaum.

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (Al Baqarah:183)

Beruntunglah orang-orang yang beriman, karena mendapat undangan khusus dari Allah untuk melaksanakan ibadah puasa. Jadi tidak semua orang, termasuk orang Islam sendiri, melakukan ibadah puasa ramadhan. Istimewanya lagi karena puasa merupakan urusan kita dengan Allah atau Hablull minallah dan Hablull minannas atau urusan kita dengan manusia juga. Seperti keterangan dalam hadits qudsi berikut:

Semua amal perbuatan Bani adam menyangkut dirinya pribadi, kecuali shaum (puasa). Sesungguhnya shaum itu untuk-Ku, dan karena itu Akulah yang langsung membalasnya…dan bagi orang shaum tesedia dua kegembiraan, gembira ketika berbuka shaum karena bukanya dan gembira ketika kelak menemui Allah karena menerima pahala shaumnya



Bulan Ramadhan bisa dikatakan bulan obral pahala. Pada bulan ini Allah melipatkan gandakan pahala bagi orang-orang yang melakukan ibadah yang wajib maupun yang sunnah. Maka tidak heran jika pada bulan ini kita dapati orang-orang yang sering membaca Al quran dimana-mana, banyak melakukan sedekah, beritikaf atau beribadah di masjid untuk memperbanyak shalat sunnah seperti shalat duha, shalat tahajud dan ibadah lainnya.

Bulan ini juga bisa dikatakan sebagai bulan perubahan. Semuanya berlomba-lomba menjadi lebih Islami. Bisa kita lihat tayangan televisi dan para pengisinya menampilkan ciri yang islami. Orang-orang mulai tidak ragu untuk menggunakan jilbab atau kerudung bagi yang perempuan dan baju koko ditambah peci bagi yang laki-laki. Al-quran di bawa kemana-mana. Masjid-masjid menjadi lebih ramai dari biasanya. Majelis-majelis taklim dan kajian agama dimana-mana.

Bulan Ramadhan juga bisa disebut sebagai bulan ampunan, karena pada bulan ini Allah membuka selebar-lebarnya pintu taubat bagi hambanya yang memohon ampunan. Itulah Ramadhan, bulan yang merupakan hadiah dari Allah, yang kedatangannya selalu dinanti banyak orang. Bulan yang kehadirannya sangat dirindukan semua manusia. Tak salah jika sebagian orang menginginkan semua bulan adalah bulan Ramadhan.

Kita hanya bisa berusaha dan berharap semoga Ramadhan tahun ini menjadi Ramadhan yang terbaik sepanjang hidup yang telah kita lalui atau memperbaiki iman selama satu tahun. Ramadhan yang tidak akan berlalu begitu saja dan pengaruhnya akan membekas dalam diri serta terasa sampai Ramadhan berikutnya. Bukan hanya itu saja klu Anda melakukan puasa atau “shaum” dengan memiliki niat yang tulus & ikhlas insya Allah akan mempunyai nilai tersendiri dari dalam hati, Amin.
Sejak semula, Rasulullah Muhammad SAW telah mensinyalir bahwa bulan Sya'ban atau bulan ke-8 dari perhitungan bulan Qamariyah (Hijriah) merupakan bulan yang biasa dilupakan orang.

Maksud Rasulullah, hikmah dan berbagai kemuliaan dan kebajikan yang ada dalam bulan Sya'ban dilupakan orang. Mengapa dilupakan? Menurut pengakuan Rasulullah, karena bulan Sya'ban berada di antara dua bulan yang sangat terkenal keistimewaannya. Kedua bulan dimaksud adalah bulan Rajab dan bulan Ramadan. Bulan Rajab selalu diingat karena di dalamnya ada peristiwa Isra Mikraj yang diperingati dan dirayakan sedang bulan Ramadan ditunggui kedatangannya karena bulan ini adalah bulan yang paling mulia dan istimewa di antara bulan yang ada.

Lantas apa dan bagaimana bulan Sya'ban? Keistimewaan dan kemuliaan bulan Sya'ban terletak pada pertengahannya, sehingga disebut dengan Nisfu Sya'ban. Nisfu artinya setengah atau seperdua, dan Sya'ban sebagaimana disebut pada awal tulisan ini, adalah bulan kedelapan dari tahun Hijrah. Nisfu Sya'ban secara harfiyah berarti hari atau malam pertengahan bulan Sya'ban atau tanggal 15 Sya'ban. Kata Sya'ban sendiri adalah istilah bahasa Arab yang berasal dari kata syi'ab yang artinya jalan di atas gunung.

Menurut relung Ensiklopedia Panjimas, bulan kedelapan dari tahun Hijriah itu dinamakan dengan Sya'ban karena pada bulan itu ditemukan banyak jalan untuk mencapai kebaikan. Malam Nisfu Sya'ban dimuliakan oleh sebagian kaum muslimin karena pada malam itu diyakini dua malaikat pencatat amalan keseharian manusia; Raqib dan Atib, menyerahkan catatan amalan manusia Allah SWT, dan pada malam itu pula catatan-catatan itu diganti dengan catatan yang baru.

Diriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda "Bulan Sya'ban itu bulan yang biasa dilupakan orang, karena letaknya antara bulan Rajab dengan bulan Ramadan. Ia adalah bulan diangkatnya amal-amal oleh Tuhan. Aku menginginkan saat diangkat amalku aku dalam keadaan sedang berpuasa (HR Nasa'I dari Usamah). Sehubungan dengan hal itu Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan pengakuan Aisyah lam yakunin Nabiyi sha mim yashumu aksara min sya'baana finnahu kaana yashumuhu kulluhu kaana yashumuhu illa qalilan. Maksud Aisyah dalam periwayatan ini bahwa Nabi Muhammad SAW paling banyak berpuasa pada bulan Sya'ban.

Lebih jauh dari itu, pada malan Nisfu Sya'ban Allah SWT menurunkan berbagai kebaikan kepada hambanya yang berbuat baik pada malam tersebut. Kebaikan-kebaikan itu berupa syafaat (pertolongan), magfirah (ampunan), dan itqun min azab (pembebasan dari siksaan). Oleh karena itu malam Nisfu Sya'ban diberi nama yang berbeda sesuai dengan penekanan kebaikan yang dikandungnya.

Imam al-Gazali mengistilahkan malam Nisfu Sya'ban sebagai malam Syafaat, karena menurutnya, pada malam ke-13 dari bulan Sya'ban Allah SWT memberikan seperti tiga syafaat kepada hambanya. Lalu pada malam ke-14, seluruh syafaat itu diberikan secara penuh. Meskipun demikian ada beberapa gelintir orang yang tidak diperuntukkan pemberian syafaat kepadanya. Orang-orang yang tidak diberi syafaat itu antara lain ialah orang-orang yang berpaling dari agama Allah dan orang-orang yang tidak berhenti berbuat keburukan.

Nisfu Sya'ban dinamakan juga sebagai malam pengampunan atau malam magfirah, karena pada malam itu Allah SWT menurunkan pengampunan kepada seluruh penduduk bumi, terutama kepada hambanya yang saleh. Namun dalam pemberian ampunan itu dikecualikan bagi orang-orang yang masih tetap pada perbuatannya mensyarikatkan Allah alias musyrik, dan bagi mereka yang tetap berpaling dari Allah SWT. Nabi bersabda: ?Tatkala datang malam Nisfu Sya'ban Allah memberikan ampunanNya kepada penghuni bumi, kecuali bagi orang syirik (musyrik) dan berpaling dariNya (HR Ahmad).

Kecuali Enam Golongan
Ibn Ishak meriwayatkan dari Anas bin Malik bahwa pernah Rasulullah memanggil isterinya, Aisyah dan memberitahukan tentang Nisfu Sya'ban. "Wahai Humaira, apa yang engkau perbuat malam ini? Malam ini adalah malam di mana Allah yang Maha Agung memberikan pembebasan dari api neraka bagi semua hambanya, kecuali enam kelompok manusia".

Kelompok yang dimaksud Rasulullah yaitu, Pertama, kelompok manusia yang tidak berhenti minum hamr atau para peminum minuman keras. Sebagaimana berulang kali dikemukakan bahwa yang dimaksud dengan hamr adalah jenis minuman yang memabukkan, baik jenis minuman yang dibuat secara tradisional mapun jenis minuman yang dibuat secara modern. Istilah populernya adalah minuman keras atau miras. Yang disebut pertama antara lain tuak atau ballok, baik ballok tala, ballok nipa, maupun ballok ase. Sementara yang disebut kedua antara lain bir dan whyski. Termasuk kategori sebagai orang yang tidak berhenti minum hamr ialah orang-orang menyiapkan minuman tersebut atau para pembuat dan pengedarnya. Mereka ini tidak mendapat pembebasan dari api neraka, tetapi malah diancam dengan siksaan api neraka.

Kedua, orang-orang yang mencerca orang tuanya. Termasuk kategori mencerca orang tua ialah berbuat jahat terhadap orang tua yang dalam hal ini ibu bapak. Menurut ajaran agama yang menyatakan syis saja kepada ibu atau bapak itu sudah termasuk dosa. Membentak orang tua termasuk perbuatan yang sangat dilarang. Allah SWT di samping menegaskan kepada manusia untuk tidak beribadah selainNya, maka kepada kedua orangtua berbuat baiklah. Waqadha Rabbuka an La ta'buduu Illah Iyyahu wa bilwalidaini ihsanan (al-Isra: 17:23). Perbutan kategori baik terhadap orang tua antara lain bertutur kata kepada keduanya dengan perkataan yang mulia, merendahkan diri kepada keduanya dengan penuh kasih sayang, dan kepada keduanya didoakan; "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku di waktu kecil."

Ketiga, orang-orang yang membangun tempat zina. Tempat berzina dimaksud adalah tempat pelacuran yang kini nama populernya tempat PSK (pekerja seks komersial). Golongan atau kelompok orang yang seperti ini, pada malam Nisfu Sya'ban tidak mendapat pembebasan dari api neraka, tetapi sebaliknya mereka dijanji dengan siksaan dan azab.

Keempat, orang-orang atau para pedagang yang semena-mena menaikkan harga barang dagangannya sehingga pembeli merasa dizalimi. Misalnya, penjual bahan bakar minyak, termasuk minyak tanah. Harga dagangan jenis ini sudah ada harga standar, tetapi kalau penjualnya menaikkan harganya secara zalim, maka penjual yang demikian itulah yang tidak mendapat pembebasan dari neraka.

Kelima, petugas cukai yang tidak jujur. Termasuk kategori petugas cukai adalah para kolektor pajak atau orang-orang yang menagih pajak dan retribusi. Misalnya petugas cukai yang bertugas di pasar-pasar yang menerima uang atau cukai dari penjual dengan bukti penerimaan dengan karcis. Salah satu bentu ketidakjujuran kalau uang diterima tetapi tidak diserahkan bukti penerimaan (karcis).

Keenam, kelompok orang-orang tukang fitnah. Orang-orang kelompok ini suka menyebarkan isu dan pencitraan buruk yang sesungguhnya hanyalah sebuah fitnah. Keenam golongan inilah yang disebut tidak mendapat fasilitas itqun minannar.

Atas dasar itu, kiranya kita semua dapat menyadari bahwa sesungguhnya bulan Sya'ban merupakan bulan persiapan untuk memasuki bulan suci Ramadan. Persiapan itu meliputi persiapan mental dan persiapan fisik. Manusia atau umat hendaknya memasuki bulan suci Ramadan sudah dalam keadaan iman yang mantap dan sudah dalam keadaan mendapatkan syafaat, dan sudah dalam keadaan mendapat jaminan dan pembebasan dari siksaan api neraka. Wallahu a'lam bissawab.
Sigit Suprianto 08 Juli jam 19:46 Balas
يُرِيْدُ اللهُ اَنْ يُخَفِّفَ عَنْكُمْ وَخُلِقَ اْلاِنْسَانُ ضَعِيْفًا


“Allah hendak memberikan keringanan kepadamu, dan manusia dijadikan bersifat lemah”. (QS. 4 : 28)

وَالسّبِقُوْنَ اْلأَوَّلُوْنَ مِنَ الْمُهجِرِيْنَ وِاْلاَنْصَارِ وَالًَّذِيْنَ اتَّبَعُوْهُمْ بِاِحْسَانٍ رَضِىَ اللهُ عَنْهُمْ وَرَضُوْا عَنْهُ وَاَعَدَّلَهُمْ جَنتٍ تَجْرِىْ تَحْتَهَا اْلاَنْهَارُ خلِدِيْنَ فِيْهَا اَبَدًا ذلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُ

“Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan mereka ridho kepada Allah. Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya; mereka kekal di kalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar”. (QS. 9: 100)

Angin bergerak, terbangkan kabut hitam
Tutupi cahaya mentari, tampaklah bumi ini kelam
Perlahan, mencair gumpalan kabut hitam
Curahkan air hujan, bersihkan debu yang bertebaran

Hitam kelam, hati seorang insan
Sebab, hanya membuahkan banyak kemungkaran
Hidayah turun, sebagai bukti kemurahan
Sadarkan diri, ternyata hanya tumpukan kotoran

BiIla sejenak kita coba renungkan kembali tentang peranan dan tujuan sholat bagi kehidupan manusia pada umumnya, nampak terasa masih belum sesuai dengan muatan isi dari Firman Allah dalam S. Al baqarah (2) : 153 di atas. Karena pada ayat tersebut dikatakan bahwa : “mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat”. Jadi sebenarnya, shalat itu merupakan kebutuhan manusia itu sendiri untuk mendapatkan pertolongan dari Allah, karena memang manusia dicipta sebagai mahluk yang lemah. Pantaslah bila manusia sangat memerlukan pertolongan, sebagaimana termuat dalam S4: 28 diatas. Tetapi banyak manusia yang sombong dan bangga dengan kemampuan dirinya, sehingga tercetus pada rangkaian kata “percaya diri itu adalah modal suatu kesuksesan”. Akhirnya Allah selaku pencipta senantiasa dikesampingkan.

Sebenarnya manusia yang selalu optimis akan kemampuan diri, adalah orang yang buta terhadap dirinya sendiri dan tehadap nilai hakekat shalat, sekalipun sepintas tampak di mata kepala, raganya melaksanakan shalat. Tapi shalat yang dilakukan hanyalah laksana buih di tepi pantai, lenyap seketika tak meninggalkan bekas yang berguna. Kalau kita mau teliti kembali, apa yang telah kita dapati selama melakukan shalat! Sebab, sholat dilaksanakan atas dasar kewajiban. Bukan atas dasar kesadaran dan kecintaan. Sedangkan Rosulullah S.A.W. dengan tegas mengatakan : “Sholat adalah suatu kesukaan / hubbi atau kecintaan yang tumbuh dalam dirinya”.

Jika sholat dilakukan atas dasar dorongan kewajiban, terselip rasa yang amat halus terhadap hak sebagai imbalan dari pelaksanaan kewajiban. Bila demikian halnya, berarti sholat dilakukan guna kebutuhan Rabb atau dengan kata lain sholat dijalankan untuk kepentingan Allah selaku Rabb. Padahal sholat atau tidak sholat seseorang tidak akan mengurangi dan menambah keberadaan Allah selaku Pencipta lagi maha kaya. Sebenarnya hakekat sholat dijalankan bagi seorang hamba, merupakan kebutuhan pokok dan utama bagi dirinya sendiri. Ibarat bahan bakar merupakan kebutuhan pokok bagi industri atau air sebagai kebutuhan suatu tanaman.

Sholat yang dilaksanakan atas dasar kewajiban akan muncul dalam fikiran, bahwa ada hak manusia yang belum diberikan oleh Allah. Hak itu akan turun menurut pandangannya, setelah sholat sebagai kewajiban dilaksanakan. Jika demikian halnya, “bukankah berarti Allah membujuk manusia untuk menjalankan ketaatan?” bukanlah, Allah! Selaku Rabb, jika memiliki sifat demikian. Padahal, tanpa menusia menjalankan sholat, kemurahan Allah terus melimpah ruah. Hanya manusia itu sendiri yang senantiasa mengabaikan kemurahan Allah.

Kemurahan melimpah ruah Allah berikan, tanpa ada suatu bujukan agar dilaksanakannya sholat. Kemurahan Allah telah diisaratkan sebagaimana termuat dalam S. Al Maaidah (5) : 3, yakni : “pada hari ini telah aku cukupkan kepadamu ni’matku”. Ini berarti, sempurnalah ni’mat Allah yang dilimpahkan kepada manusia. Tidak ada lagi, hak manusia dengan sholat sebagai kewajiban yang tertahan. Sehingga harus ditebus dengan sholat sebagai kewajiban.

Kemurahan Allah diibaratkan hujan yang dicurahkan dari langit, mengalir terus dengan derasnya. Adakah wadah yang siap menampung turunnya air hujan? Lalu didayagunakan sebatas kemampuan yang telah dipasangkan. Jika air hujan ini tidak tertampung dalam suatu wadah, pastilah air hujan itu terbuang sia-sia. Bahkan dapat berakibat fatal. Bencana muncul dan pasti merugikan, baik kerugian jiwa maupun kerugian harta. Itulah banjir melanda.

Begitu pula terhadap nikmat Allah yang telah Allah cukupkan pada manusia! Apabila tidak ditampung oleh suatu wadah /”hati”, bencana dapat saja berupa kegelisahan hidup, banyak persoalan hidup tak terselesaikan, kecemasan, kekhawatiran, akhirnya berakibat pada timbulnya penyakit strees atau lainnya.

Sebenarnya hak dan kewajiban merupakan suatu rangkaian yang hanya berlaku pada makhluk ciptaan, khususnya manusia. Sebab jika hak dan kewajiban disandangkan pada Allah, berarti hilanglah sudah keindahan nama Allah, yaitu yang bernamakan “Ar-Rakhman”. Allah memberi bukan karena seorang hamba telah terlebih dahulu melakukan upaya kewajiban. Justru sebelum manusia melakukan ketaatan, bahkan sebelum manusia dilahirkan, nikmat dan rakhmat terlebih dahulu telah terbentang luas tiada hingga, hanya nikmat dan rakhmat tersebut diabaikan begitu saja. Karena telah merasa puas dengan sajian dunia yang palsu.

Jelaslah, terjadinya kemerosotan umat Islam hingga titik dasar, adalah akibat salah pengertian dalam melaksanakan sholat. Sholat dipandang sebagai suatu kewajiban. Incaran tertuju kearah hak berupa pahala yang akan diberikan sebagai imbalan atas terlaksananya suatu kewajiban. Laksana seorang pemimipin membayar upah sebagai hak karyawan, yang telah menjalankan kewajiban. Padahal hakekat abdi sejati, apapun ia lakukan terhadap Allah Robb pencipta dirinya, dasarnya adalah keridhoan-Nya (Q.S At Taubah: (9) : 100). Ridholah yang menjadi titik incaran. Hal yang amat menentukan jatuhnya umat islam, (Khususnya umat Islam di penghujung akhir zaman) pada titik dasar kemerosotan, ialah mengabaikan atau tidak mendayagunakan nikmat Allah yang telah cukupkan.

Dua hal pokok inilah, telah diabaikan umat Islam selama sekian abad belakangan ini. Sekiranya umat Islam konsekwen mau menelusuri napak tilas Rosulullah Muhammad S.A.W., pastilah kemerosotan tidak akan dialami. Bahkan kejayaan dan keunggulan/tegak sebagai perisai dalam kehidupan umat Islam. Rosulullah Muhammad S.A.W. dengan tegas menyatakan : “Sholat dilakukan atas dasar kesukaan, hubbi atau kecintaan”. Berarti palaksanaannya tidak ada terselip imbalan hak yang akan diterima. Dengan sendirinya apa yang diisyaratkan dalam firman Allah yang berkaitan dengan “telah Aku cukupkan nikmat-Ku padamu”, dapatlah dirasakan kenyamanan. Sehingga sholat dirasakan sebagai suatu kesukaan, hubbi atau kecintaan.

Nikmat yang terbesar dalam melaksanakan sholat ialah terbawanya diri dekat dengan Allah, sehingga segala permasalahan dapat terselesaikan atas pertolongan-Nya.

Wahai Allah! Wahai Rabbi! Yang berhiaskan Ar-Rahman
Tak henti-hentinya muncul dalam diri suatu penyesalan
Tersisalah setetes harapan sebagai modal kekuatan
Pangabdian murni, itulah hakekat seorang insan

Wahai Allah! Wahai Rabbi! Yang berhiaskan kesabaran
Sabar menanti kembalinya hamba dari keingkaran
Ampunilah hamba, yang setiap saat berbuat kesalahan
Pada-Mu lah diri, tegak kokoh bersandarkan

Wahai Allah! Wahai Rabbi! Sumber keselamatan
Jaga dan tolonglah diri, dalam setiap keraguan
Sadarlah diri, pada-Mu lah sebenarnya sebuah pengabdian
Lemah tak berdaya jalankan ketaatan
Tanpa pertolongan-Mu yang senantiasa engakau ulurkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar