Sabtu, 10 April 2010

tvOne Siap Tuntut Balik Andries

Stasiun televisi tvOne akan menuntut balik Andries Ronaldi karena telah memberikan informasi palsu. "Penuntutan balik pada Andries adalah pencemaran nama baik Indy Rahmawati yang dituduh melakukan rekayasa," kata General Manager News and Sports tvOne, Totok Suryanto, dalam jumpa pers di Jakarta Timur, Jumat (9/4). Andries juga dinilai telah melakukan penipuan jati diri kepada tvOne.

Pada kesempatan itu, Totok menegaskan adalah makelar kasus alias markus setelah melalui sejumlah verifikasi. Andries, lanjut Totok, bukan sekali itu saja menjadi narasumber. Tercatat beberapa kali, Andries beberapa kali hadir di program tvOne dan mengaku dirinya sebagai markus. Tak ada rekayasa. Penayangan markus di tvOne sudah memenuhi kaidah jurnalistik.

Penegasan serupa disampaikan Manager Current Affair tvOne, Alfito Deanova. Menurut Alfito, pemberian uang kepada Andries adalah wujud apresiasi atas waktu yang diberikan kepada tvOne seperti halnya kepada narasumber-narasumber lain bukan sogokan. "Keterangan yang diberikan tanpa paksaan. Tak ada skenario," ujar Alfito.

Bukti tak adanya skenario terhadap Andries juga diungkapkan Manager Investigasi tvOne, Ecep S. Yasa. Menurut Ecep, tvOne memiliki sejumlah rekaman yang membuktikan Andries adalah markus. Selain pernyataan Andries, tvOne merekam testimoni warga yang mengaku dibantu Andries saat terbelit kasus. "Nanti kita akan buka di Dewan Pers," ucap Ecep.

Totok atas nama tvOne juga menyampaikan permohonan maaf kepada institusi Kepolisian RI atas penayangan markus di televisi pada 18 Maret yang mengganggu kinerja polisi. "Meminta maaf pada Kapolri," ujar Totok yang didampingi Indy, Alfito, dan Ecep.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar