Jumat, 16 April 2010

Tips 10 rahasia Presentasi Efektif

Tips 10 rahasia Presentasi Efektif

By Fighter on 10:33 AM

Filed Under:

Untuk membuat presentasi yang baik dan spektakuler ada beberapa tips yang mungkin dibutuhkan, tips yang sederhana namun jika dilakukan akan membuat presentasi berhasil dengan sesuai keinginan. berikut adalah tips yang mungkin dapat dijadikan acuan sebelum melakukan presentasi :

1. Awali dengan baik
Kesan pertama sangatlah penting, namun bagaimana penutupnya? Pastikan presentasi anda telah mencakup semua informasi yang hendak disampaikan. Ajak audiens untuk turut serta agar tidak bosan. Pastikan penyampaian anda jelas, tajam dan to the point. Maksudnya disini adalah jangan terlalu banyak basa-basi dan berikan contoh yang nyata agar jelas.

2. Lakukan gladi resik
Datang lebih awal dan memastikan ruangan yang akan dipakai sudah diperiksa, persiapkan semua alat yang akan dipergunakan seperti LCD proyektor dll. Jangan sampai anda masih harus mencari-cari kabel atau colokan sesaat sebelum presentasi dimulai, setelah semuanya siap cobalah materi presentasi apa sudah sesuai dengan keinginan anda, sediakan sedikit waktu untuk membaca ulang ringkasan materi. Persiapan ini sangat penting bagi presentasi agar berhasil

3. Jangan lelahkan mata audiens
Pada umumnya audiens dapat membaca emam hingga tujuh baris per halaman slide, jika ingin menyampaikan hal yang lebih kompleks, fokuskan pada intinya saja. Usahakan untuk memfokuskan masing-masing slide pada intinya saja. Informasi yang berlebihan justru akan melelahkan mata audiens. Sertakan informasi detil hanya pada handouts peserta. Fungsikan slides sebagai media penyimpanan pokok saja.

4. Gunakan font yang sesuai
Pilihlah ukuran font yang mudah dibaca minim disarankan adalah 36. Pilih pula jenis font yang sesuai dengan irama dan isi presentasiUntuk audisens yang konservatif gunakan font seperti Times New Roman. Untuk presentasi mengenai rencana ke depan gunakan font yang sederhana seperti Verdana atau Tahoma. Pastikan kontras warna yang cukup antara font dengan background.

5. Warna memegang peranan penting
Kombinasi warna merah dan biru sebaiknya dihindari. Ingat, anda seang tidak melakukan presentasi pada perusahaan mainan. Bukan? Presentasi hendaknya dilakukan secara serius maka dari itu gunakan kombinasi warna yang cocok. Biasanya digunakan warna hitam dan biru tua sebagai background, dan teks putih atau kuning muda. Adapula yang menggunakan warna hitam diatas background putih walau background putih berkesan keras, ini merupakan kombinasi yang tepat diruang yang terang.

6. Manfaatkan auto content wizard
Auto content wizard menyediakan banyak pilihan template presentasi. Anda hanya perlu memasukkan informasi yang anda ingin informasikan dalam kerangka yang telah disiapkan. Auto content wizard bisa menjadi senjata dalam menympaikan ide anda melalui presentasi yang spektakuler. Jadi gunakan template yang sesuai.

7. Gunakan teks bergerak
Teks bergerak atau disebut scrolling teks merupakan cara yang baik untuk menampilkan informasi pendukung di awal dan akhir presentasi. Metode ini memberikan kelas tersendiri bagi presentasi anda. Cukup ketikkan informasi yang anda ingin tampilkan, klik “Custom Animation | Entrance Effects” dan pilih “credit” sebagai effect animasinya. Anda dapat mengatur kecepatan gerak dll. Jangan takut untuk mencoba pilihan teks lain.

8. Zoom in agar optimal
Untuk mengkoreksi kesalahan atau menambahkan detil, sebaiknya memanfaatkan fasilitaszoom agar lebih jelas. Disini anda dapat memanfaatkan fungsi scroll pada mause. Saat melakukan editing slide presentasi dalam mode slide view tekan tombol CTRL sambil memutar scroll kearah sebaliknya. Untuk memfokuskan perbesaran pada satu objek, cukup kilk objeknya dan lakukan zoom in seperti diatas.

9. Gunakan slide sebagai wallpaper
Ingin memberi audiens gambaran akan presentasi terlebih dahulu? Anda dapat melakukannya dengan menggunakan salah satu slide presentasi sebagai wallpaper. Sebaiknya pilih slide perkenalan yang bisa memberikan gambaran secara umum

10. Simpanlah presentasi anda sebagai slide show
Menyimpan presentasi dalam bentuk slide show akan mempermudah dalam penggunaan karena tidak terlalu disibukkan banyak tombol lagi, hanya cukup klik ganda file presentasi dan tampilan akan langsung dalam mode slide show. Untuk menyimpannya yaitu dengan cara klik pada menu “File | Save As” dan pilihlah format .pps format ini memiliki kelebihan yaitu tidak semua komputer memiliki aplikasi powerpoint, dan format .pps ini dapat dijalankan pada komputer yang tidak menginstal aplikasi powerpoint.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar